Page Nav

HIDE

Post Meta

SHOW

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Hari Konsumen Nasional 2023, Pemprov Kaltim Seru Jadilah Konsumen Cerdas

 

MERIAH : Peringatan Harkonas 2023 dirangkai dengan jalan sehat serta pembagian door prize- Foto Dok Agustina

 GOKALTIM.COM, SAMARINDA- Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur di momen peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2023, menyerukan agar masyarakat menjadi konsumen yang cerdas.

"Di momen Harkonas 2023 ini, kami mengajak kepada masyarakat Kaltim, jadilah konsumen yang cerdas, teliti sebelum berbelanja dengan memperhatikan mutu produk, serta pahami tentang perlindungan konsumen," ucap Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Provinsi Kaltim Ujang Rachmad  di Samarinda, Minggu (2/7/2023).


Ia menyampaikan, peringatan Harkonas merupakan wujud kehadiran negara dalam melindungi konsumen sekaligus menjadi momentum penting untuk meningkatkan perlindungan konsumen.

Dituturkannya, tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat sebagai konsumen tentang hak dan kewajiban mereka. Ia berharap bahwa melalui kegiatan ini, konsumen dapat ditempatkan sebagai penentu utama dalam kegiatan ekonomi.

"Sosialisasi mengenai perlindungan konsumen kepada masyarakat pada peringatan Hari Konsumen Nasional sangatlah penting. Ujang juga menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu langkah pemerintah untuk menekan inflasi," ungkapnya.

Pada rangakaian Harkonas, lanjutnya, Pemprov Kaltim melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Disperindagkop UMKM) juga mengadakan pasar murah sebagai upaya untuk menekan inflasi dan memberdayakan UMKM di wilayah tersebut.

"Dengan senang hati saya sampaikan bahwa tingkat inflasi kita berhasil turun. Pada bulan mei sebelumnya, tingkat inflasi berada di angka 0,42 persen, tetapi sekarang turun menjadi 0,2 persen," jelas Ujang.

Sementara itu, Plt Kadisperindagkop UMKM provinsi Kaltim Heny purwaningsih menyatakan bahwa Harkonas 2023  ialah upaya menciptakan sistem perdagangan yang adil dan jujur.

Heny mengingatkan bahwa semua orang, tanpa memandang profesi atau pekerjaan, adalah konsumen yang harus menjaga keamanan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi. Melalui transaksi ini, masyarakat Indonesia memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi negara.

"Konsumen itu melekat kepribadi masing-masing jadi siapapun kita siapapun profesi kita apapun profesi kita apapun pekerjaan kita, kita semua adalah konsumen. Sehingga penting sekali untuk menjaga keamanan dan kenyamanan konsumen dalam melakukan transaksi," terangnya.

Lebih lanjut Heny mengatakan, penting untuk menjaga keamanan kepercayaan dari konsumen untuk melakukan transaksi dalam berbelanja.

Acara ini juga menampilkan talk show dan lomba konten konsumen cerdas dalam perdagangan dan jasa. Tujuannya, memberikan edukasi kepada masyarakat agar cerdas menjadi konsumen.

"Kami juga menggelar lomba konten konsumen cerdas, saat ini sudah diikuti 15 peserta dan ada 7 pemenang yang akan nanti diumumkan," tandasnya.

Selama acara tersebut, doorprize menarik seperti sepeda listrik, kulkas, sepeda lipat, mesin cuci, ponsel Android, dan hadiah hiburan lainnya akan diberikan kepada para peserta.

 Peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2023 digelar di Halaman Parkir GOR Kadrie Oening Sempaja, Minggu (2/7/2023). Harkonas 2023 ini dirangkai dengan Jalan Sehat, Pasar Murah dan Taks Show tentang konsumen cerdas.

Pada gelaran Harkonas 2023, hadir juga Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI Moga Simatupang, serta Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Jakarta Tulus Abadi, di mana mereka berkesempatan menjadi narasumber pada Talk Show Konsumen Cerdas. (ags/ar)