Page Nav

HIDE

Post Meta

SHOW

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Pengurus DPD Ikapakarti Kubar Dikukuhkan, Bupati Minta Komunikasi Dijaga

 

SIMBOLIS: Ketua DPP Ikapakarti Rusmadi Wongso (kiri) melantik Ketua DPD Ikapakarti Kutai Barat Suharna (kanan) di Alun-alun Itho - Foto Dok Nett

GOKALTIM.COM, KUTAI BARAT- Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi (Ikapakarti) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) masa bakti 2022-2026 resmi dikukuhkan. 

Prosesi pelantikan digelar, Sabtu (27/5/2023) malam di Alun-alun Itho, Barong Tongkok.

Proses pelantikan kental dengan nuansa Jawa yang di awali dengan pembacaan sumpah oleh nakhoda DPD Ikapakarti Kubar terpilih Suharna. Berikutnya prosesi pengukuhan serta pembacaan ikrar yang dipimpin Ketua Umum DPP Ikapakarti yang juga Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi Wongso.

Turut hadir Bupati Kubar FX Yapan, Ketua DPRD Ridwai, Anggota DPRD Kaltim Ekti Imanuel, Ketua DPD Ikapakarti Mahakam Ulu drg. Agustinus Teguh Santoso, Kepala Adat Besar Kabupaten Manar Dimansyah Gamas serta organisasi lintas etnis.

Dalam sambutannya, Suharna mengungkapkan, siap mengemban amanah untuk memimpin dan memajukan Ikapakarti di Bumi Tanaa Purai Ngeriman, juga menjaga tradisi-tradisi warga Jawa di perantauan.

“Kita harus mempunyai semangat yang baru. Semangat kebersamaan, semangat gotong-royong, bahwa Ikapakarti adalah salah satu rumah besar keluarga Jawi yang ada di Kutai Barat,” paparnya. 


Disamping itu, ia mengajak Ikapakarti berkolaborasi dengan pemerintah dan masyarakat adat, untuk membangun Kutai Barat.

Sementara itu, Ketua DPP Ikapakarti Rusmadi Wongso mengucapkan selamat atas dikukuhkan pengurus Ikapakarti Kubar. Dirinya berharap, ke depan dapat menjadi perekat antar seluruh paguyuban sehingga terciptanya masyarakat Kubar yang guyub rukun, aman, dan damai demi kelangsungan pembangunan daerah.

“Ikapakarti sebagai organisasi sosial kemasyarakatan, dengan semangat guyub rukun, diharapkan kepada pengurus yang baru, agar berbuat untuk kemaslahatan umat. Terutama di bidang pendidikan, kesehatan, menggerakkan ekonomi kerakyatan, dan memelihara seni budaya yang ada, termasuk budaya masyarakat lokal,” ucapnya.

Senada, Bupati Kutai Barat FX Yapan berharap kepengurusan Ikapakarti Kubar dapat menjaga komunikasi antar paguyuban dengan masyarakat dan pemerintah. Pentingnya komunikasi, kata dia, adalah sarana untuk hidup dan sarana untuk mencapai tujuan.

“Termasuk wartawan, dan juga Ikapakarti mari membantu pemerintah. Wartakan berita yang berbobot pembangunan, supaya masyarakat tahu mana yang berkualitas dan mana yang tidak. Selamat kepada pengurus DPD Ikapakarti Kubar periode 2022-2026 yang baru dilantik dan dikukuhkan,” timpalnya.(nett/ar)