Page Nav

HIDE

Post Meta

SHOW

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Tekan Laka Lantas, Kapolresta Samarinda Gebrak Pratroli Humanis

 

KONFERENSI PERS: Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli didampingi Waka Polresta AKBP Eko - Foto Dok Polresta Samarinda 

GOKALTIM.COM, SAMARINDA - Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli menyatakan bahwa untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, pihaknya melakukan gebrakan berupa program Patroli Humanis di sejumlah titik di Kota Samarinda sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang faktor keselamatan saat berkendara.

Dijelaskannya di Samarinda, Selasa (2/1/2024), Patroli Humanis ini dilakukan dengan cara memberikan himbauan, edukasi, dan bantuan kepada pengendara yang melanggar aturan lalu lintas, seperti tidak menggunakan helm, tidak memakai sabuk pengaman, atau tidak membawa surat-surat kendaraan.

"Kami tidak memberikan sanksi tilang, tetapi kami memberikan arahan dan bimbingan kepada mereka agar tidak mengulangi pelanggaran," ujar Kapolresta Samarinda.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya fatalitas kecelakaan lalu lintas, yang sering disebabkan oleh kelalaian pengendara. 

Ia berharap, dengan adanya Patroli Humanis ini, masyarakat dapat lebih memahami pentingnya keselamatan berkendara dan mentaati peraturan lalu lintas.

Ia mengungkapkan data kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) di wilayah hukumnya sepanjang tahun 2023 tercatat 150 insiden.

"Dari jumlah Laka Lantas tersebut, korban meninggal 75 orang, luka berat 41 orang dan luka ringan 82 orang serta tidak luka 131 orang," kata Ary Fadli.

Ia melanjutkan, Laka Lantas tersebut mengakibatkan kerugian materil mencapai Rp926.500.000. 

"Kerugian materil ini meliputi kerusakan kendaraan, biaya perawatan korban, dan lain-lain," ujarnya.

Ary Fadli mengatakan, penyebab utama Laka Lantas antara lain karena kelalaian pengemudi, seperti tidak mematuhi rambu-rambu, melanggar marka jalan, mengemudi dalam keadaan tak sadar (mabuk), dan menggunakan ponsel saat berkendara.

"Kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga keselamatan di jalan raya, dengan cara mengutamakan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Jangan sampai ada korban jiwa akibat kecelakaan lalu lintas yang sebenarnya bisa dicegah," tuturnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya Patroli Humanis ini, masyarakat dapat merasakan kehadiran polisi yang peduli dan humanis," ungkapnya. 

Ary juga mengapresiasi kinerja personel Satuan Lalu Lintas Polresta Samarinda yang telah berupaya maksimal dalam mengatur, mengawasi, dan menegakkan hukum di bidang lalu lintas.

"Semoga dengan upaya-upaya ini, kita dapat menekan angka Laka Lantas di Samarinda dan menciptakan situasi lalu lintas yang aman, tertib, dan lancar," ucapnya. (AGS/AR)