Page Nav

HIDE

Post Meta

SHOW

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Apel Siaga Malam Tahun Baru, Polresta Samarinda Siap Jaga Kamtibmas

APEL : Polresta Samarinda gelar pasukan pengamanan malam tahun baru - Foto Dok Polresta Samarinda.


GOKALTIM.COM
, SAMARINDA - Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli telah menyiapkan pengamanan malam tahun baru di sejumlah titik yang dianggap rawan terjadi kerumunan massa.

"Kegiatan pengamanan malam tahun baru ini adalah salah satu rangkaian kegiatan untuk memberikan kenyamanan dan rasa aman kepada seluruh warga Kota Samarinda," ujar Ary Fadli di Samarinda, Minggu (31/12/2023)

Ia menjelaskan, ada beberapa tempat yang perlu diantisipasi, yaitu di daerah Lampung Tangkurak, di mana akan dilakukan rekayasa lalu lintas untuk menghindari kemacetan.

"Kemudian yang kedua yang perlu kita antisipasi adalah daerah-daerah sepanjang tepian Sungai Mahakam, yang mungkin sebagaimana pengalaman kita tahun kemarin, tempat tersebut akan dipadati oleh warga, apalagi menjelang pukul 00.00 Wita," katanya.

Ia juga mengingatkan personel yang bertugas di Jembatan Mahkota II atau Jembatan Achmad Amins untuk waspada terhadap masyarakat yang melintas dan berhenti untuk merayakan malam tahun baru.

"Kita harapkan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, tidak berkerumun, dan menjaga jarak. Kita juga mengimbau masyarakat untuk tidak menggunakan petasan atau kembang api yang dapat mengganggu ketertiban dan keamanan," tuturnya.

Ia menambahkan, pihaknya telah menyiagakan sekitar 1.000 personel gabungan dari Polresta Samarinda, Polsek jajaran, TNI, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan untuk mengamankan malam pergantian tahun.

"Kami juga mengawasi tempat-tempat hiburan, seperti kafe, diskotek, hotel, dan pusat perbelanjaan, agar malam tahun baru berjalan tertib," ujarnya.

Selain itu, Ary Fadli juga mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aksi konvoi kendaraan bermotor, menyalakan petasan, atau merusak fasilitas umum saat malam tahun baru.

"Kami akan tindak tegas pelaku yang mengganggu Kamtibmas. Kami harap masyarakat dapat merayakan tahun baru dengan damai dan tertib, serta tetap menjaga kesehatan," tuturnya.

Menurut Ary Fadli, situasi Kamtibmas di Samarinda saat ini masih kondusif. Ia berharap hal itu dapat terus dipertahankan hingga tahun baru 2024.

Ary mengucapkan selamat tahun baru 2024 kepada seluruh masyarakat Samarinda. 

"Kami berharap malam tahun baru ini berjalan dengan lancar, aman, dan damai. Kita juga mengucapkan selamat tahun baru 2024 kepada seluruh warga Kota Samarinda," pungkasnya. (AGS/AR)