Page Nav

HIDE

Post Meta

SHOW

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Rembuk Pendidikan Kaltim, Bangun Generasi Berkarakter Menuju Indonesia Emas 2024

SAMBUTAN : Kepala Disdikbud Kaltim, M. Kurniawan- Foto Dok Disdikbud.

GOKALTIM.COM, BALIKPAPAN- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur (Disdikbud Kaltim) menggelar Rembuk Pendidikan Kaltim Tahun 2023 dalam upaya mewujudkan Indonesia Emas 2045.
 
"Tujuan dari rembuk pendidikan ini adalah untuk menyelaraskan visi dan misi pendidikan dan kebudayaan di Kaltim dalam membentuk generasi yang berkarakter di masa depan menuju Indonesia maju," kata Kepala Disdikbud Kaltim M Kurniawan di Hotel Novotel Balikpapan, Sabtu (28/10/2023).
 
Kegiatan bertema "Pendidikan untuk Akselerasi Transformasi Peradaban Masyarakat Kaltim Menuju Indonesia Emas 2045" menurut Kurniawan, dimaksudkan untuk meningkatkan kerjasama antara pemerintah dan publik dalam mendukung kegiatan pendidikan dan kebudayaan yang bermutu, relevan, dan inklusif.
 
"Kami ingin semua pemangku kepentingan pendidikan dan kebudayaan di Kaltim bersinergi dalam membuat strategi untuk menyukseskan program peningkatan kualitas pendidikan dan kebudayaan di provinsi ini ," katanya.
 
Ia mengatakan rembuk pendidikan ini juga berdasarkan pada beberapa landasan hukum, antara lain Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.
 
Kemudian Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, dan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi, dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota.
 
"Kami berharap dari rembuk pendidikan ini dapat dirumuskan rencana aksi konkret untuk membangun jaringan kerja yang kuat dan mempromosikan kerjasama yang konstruktif dalam upaya meningkatkan pendidikan di seluruh Kaltim," tuturnya.
 
Pihaknya juga berharap rembuk pendidikan ini dapat memberikan masukan dan saran bagi pemerintah provinsi dalam menyusun kebijakan dan program pendidikan dan kebudayaan yang sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat.
 
Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik secara virtual membuka acara rembuk pendidikan ini. Ia menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan rembuk pendidikan yang diinisiasi oleh Disdikbud Kaltim.
 
Rembuk Pendidikan Kaltim digelar pada Jum'at (27/10/2023) hingga Sabtu (28/10/2023). Diikuti oleh 140 peserta yang terdiri dari para kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten/kota, kepala sekolah, guru, dosen, mahasiswa, orang tua siswa, tokoh masyarakat, dan pihak swasta yang terlibat dalam bidang pendidikan dan kebudayaan di Kaltim. (AGS/AR)